Manfaat Mengkonsumsi Jahe Untuk Tubuh

Salah satu dari banyak manfaat kesehatan dari jahe adalah membantu melindungi pencernaan. Jahe telah dibudidayakan dan digunakan terapi selama ribuan tahun. Sistem pengobatan tradisional di seluruh dunia telah diterapkan untuk berbagai penyakit, termasuk meredakan sakit perut.

Manfaat Mengkonsumsi Jahe Untuk Tubuh

Berikut penjelasan mengenai manfaat jahe untuk kesehatan, yaitu :

Membersihkan Saluran Pencernaan

Jahe dapat menghilangkan keluhan yang terjadi seputar saluran pencernaan seperti perut kembung, sembelit, kembung, dan masalah pencernaan lainnya. Selain dapat melindungi pencernaan, para peneliti telah menemukan jahe efektif untuk mengurangi tingkat stress dalam tubuh.

Melawan Infeksi dan Inflamasi yang Terjadi Dalam Tubuh

Gingerol merupakan zat bioaktif yang terdapat di dalam jahe segar dapat membantu menurunkan risiko infeksi. Bahkan, ekstrak jahe dapat menghambat pertumbuhan berbagai jenis bakteri. Hal ini sangat efektif melawan bakteri mulut terkait dengan penyakit inflamasi pada gusi, seperti gingivitis dan periodontitis. Kemungkinan juga jahe segar efektif terhadap virus RSV yang merupakan penyebab umum dari infeksi pernapasan.

Mengurangi Dampak Buruk Migrain

Dalam percobaan klinis, 100 pasien menerima bubuk jahe atau obat yang diberikan untuk penderita migrain. Hasil penelitian menunjukkan bubuk jahe membantu mengurangi penyakit migrain dan tanpa efek samping.

Meningkatkan Tekanan Darah Secara Alami

Jahe juga bermanfaat untuk mendukung tekanan darah yang sehat. Ekstrak dari jahe dan rempah-rempah lain yang digunakan dalam pengobatan terapi yang bermanfaat untuk hipertensi. Ekstrak jahe merupakan suatu pengobatan yang paling efektif.

Menghilangan Perasan Mual dan Ingin Muntah

Studi klinis telah membuktikan manfaat jahe dapat menenangkan mual dan muntah. Penelitian juga telah mengkonfirmasi potensi terhadap mual akibat kemoterapi dan muntah. Para studi menemukan efek positif terhadap ini efek samping dari terapi agresif. Jahe dapat menjadi pilihan yang kuat untuk mereka yang menderita keracunan.

Meredakan Rasa Nyeri Otot

Sebuah studi mengatakan bahwa jahe dapat digunakan untuk menghilangkan rasa nyeri otot pada atlet perempuan. Selama percobaan 6 minggu ini, peserta mencoba menggunakan jahe dan mengatakan jahe dapat meredakan rasa sakit pada otot secara signifikan dibandingkan dengan pengobatan lainnya.

Menstabilkan Kadar Gula Darah

Jahe telah dikenal dapat mengatur gula darah menjadi stabil. Hal ini disebabkan pada pelepasan insulin dan sensitivitas, serta mendukung metabolisme karbohidrat dan lipid. Sebuah penelitian, tingkat insulin terasa diturunkan dengan suplemen jahe. Selain efektivitasnya sebagai pengatur gula darah, jahe juga menunjukkan efek protektif kuat terhadap diabetes ginjal, mata dan hati komplikasi.

Melancarkan Metabolisme dan Sistem Kardiovaskular

Salah satu senyawa aktif dalam jahe yaitu 6-gingerol telah terbukti bermanfaat dalam mengatur tekanan darah dan mendukung kesehatan jantung. Berdasarkan hasil, peneliti mengatakan bahwa jahe dapat dijadikan sebagai obat untuk masalah kardiovaskular.

Itulah manfaat manfaat dari mengkonsumsi jahe untuk kesehatan tubuh yang mengkonsumsinya, maka untuk itu tidak ada salahnya Anda mencoba menggunakan jahe sebagai pengobatan alami yang aman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *