Efek Bawang Putih Terhadap Kesehatan

Salah satu jenis bumbu masakan yang banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia adalah bawang, ada bawang merah dan bawang putih, tapi yang akan kita bahas kali ini hanya bawang putih saja. Dibalik wanginya yang harum dan rasanya yang pedas ternyata bawang putih mengandung senyawa dan zat yang berguna untuk kesehatan manusia.

Kandungan yang ada di dalam bawang putih ini antara lain seperti sulfur, kalium, kalsium, magnesium, vitamin B, vitamin C, dan senyawa anti oksidan. Tentunya segala jenis kandungan ini dapat bermanfaat bagi tubuh manusia yang membutuhkannya. Berikut penjelasan efek bawang putih terhadap kesehatan:

Mengatasi Batuk dan Radang Tenggorokan

Sulfur yang ada di dalam bawang putih dapat bertindak sebagai zat anti inflamasi terhadap tenggorokan yang terserang radang atau batu sehingga frekuensi batuk dan rasa sakit dapat berkurang.

Membersihkan Kuku dan Telinga

Bawang putih dapat membersihkan kuku. Anda hanya perlu mengupas kulit luar dari bawang putih, kemudian menusukkan jari ke atas potongan kuku Anda bawang putih lalu diamkan 5-10 menit dan tidak terlalu lama lalu bilas dengan air. Penggunaan secara teratur akan membuat kuku Anda tampak bersih dan mengkilap.

Penawar Keracunan Zat Kimia atau Logam Berat

Jika Anda tidak sengaja menelan kandungan alkohol logam berat seperti merkuri atau air, segera mengkonsumsi bawang putih sebanyak mungkin. Hasilnya juga tidak butuh waktu lama hanya dalam beberapa jam, jus bawang putih akan menawarkan dan membuang racun yang berasal dari logam berat di dalam tubuh Anda

Membunuh Sel Kanker

Beberapa zat pemicu kanker seringkali membuat kita tidak yakin apakah tubuh Anda benar-benar bebas dari kanker. Namun, Anda tidak perlu khawatir. Zat yang terkandung dalam bawang putih bisa menghambat pertumbuhan sel kanker. Sangat dianjurkan konsumsi bawang putih setiap hari, baik dalam keadaan mentah atau dalam bentuk multivitamin yang tersedia di toko toko terdekat.

Melancarkan Aliran Darah

Manfaat bawang putih mentah berikutnya adalah sirkulasi darah. Sebagian besar Anda pernah menemukan multivitamin yang berasal dari ekstrak bawang putih. Multivitamin bawang putih mampu meningkatkan sirkulasi darah yang terhambat oleh kehadiran kolesterol atau lemak yang menumpuk.

Menurunkan Tingkat Gula Darah Di Dalam Tubuh

Selain sirkulasi darah, kandungan antioksidan dalam bawang putih juga mampu menurunkan kadar gula darah. Anda dapat membeli isi kapsul obat bubuk bawang putih, atau membuat sendiri di rumah dan konsumsi setiap hari. Sebagai tindakan pencegahan, bawang putih bisa mencegah tekanan darah tinggi.

Nah sungguh manfaat yang luar biasa dari bawang putih bukan? Ternyata selain dapat menyedapkan makanan, bawang putih ini juga dapat berfungsi sebagai obat alami untuk mencegah penyakit dan masalah kesehatan yang sering menyerang manusia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *